Rabu, 28 Desember 2011

How to be a good Friend ^-^

 
Kita pasti memiliki teman, atau sahabat bukan? ketika kita bersahabat ato berteman kita pasti menginginkan menjadi seorang sahabat yang baik,  hmm... buat yang pengen jadi sahabat yang baik chek this :D :

1. Jadikan dirimu sebagai sahabat pertamamu
Pelajari cara menghormati diri sendiri. Tentukan batas-batas apa yang penting bagi kamu dan menghormati diri sendiri sebelum menghormati orang lain. Memahami nilai-nilai apa yang penting bagi kamu, sehingga orang lain akan menghormati kamu.
 
2. Loyal
  kamu akan mendukung teman kamu ketika mereka membutuhkannya.Menghormati saat-saat ketika mereka harus membela diri mereka sendiri.Menjaga kepercayaan teman dan biarkan diri kamu untuk menjadi rentan dengan mereka. Kamu Juga harus menerima dan memahami batas mereka ketika mereka berkata “tidak”. Seorang sahabat yang memiliki integritas adalah nilai besar bagi sahabatnya. Ini adalah kenyataan bahwa melalui sebuah persahabatan akan melalui kebersamaan dan perselisihan, kamu masih harus berusaha menunjukkan bahwa kamu adalah sahabat yang terbaik bagi sahabat kamu, dan itu akan menunjukkan loyalitas kamu pada persahabatan kamu.
 
3. Menjadi pendengar yang baik
Tak ada yang suka seorang sahabat yang hanya berbicara dan berbicara, tetapi tidak pernah mau mendengarkan. Jika kamu cerewet, itu tidak apa-apa jika kamu juga adalah seorang pendengar yang baik. Setiap kali teman terbaik kamu mengatakan sesuatu, dengarkan dengan hati-hati ketika mereka mengatakan sesuatu. Jangan hanya mengatakan “ya” dan melanjutkan. Jangan mengganggu atau gelisah terus menerus sementara mereka sedang berbicara dengan Anda. Jika mereka meminta nasehat, dengarkan dengan baik dan berikan nasihat terbaik  dari apa yang kamu dapat berikan. Ini akan memberi kamu nilai tambah dalam menghormati dan tentu saja akan membuat mereka akan datang kepada kamu ketika kamu juga membutuhkan mereka.
 
4. Dapat dipercaya
Jika mereka memberitahu kamu sebuah rahasia, maka biarkan itu menjadi rahasia kamu berdua, jangan pernah, mengatakan kepada orang lain tentang rahasia sahabat  kamu, sekalipun kamu sedang marah kepadanya. Bahkan mungkin kepada orang lain yang kamu kenal dan percaya .rahasia adalah rahasia. Jangan ada gosip tentang teman terbaik kamu, jangan mengatakan apa pun yang mungkin berubah menjadi rumor, dan melakukan hal-hal yang kamu tahu akan membuat sahabat anda tidak lagi dapat percaya kepada anda. Bahkan, jika dia naksir seseorang, dia akan malu jika kamu mengatakan kepada seseorang. Pastikan kamu tahu kalau kamu dapat menjaga rahasia sahabat kamu maka begitupun sebaliknya. Hal-hal seperti itu yang kadang-kadang sulit untuk dilakukan, tetapi jika kamu ingin persahabatan yang solid kamu harus dapat dipercaya.
 
5. Menjadi orang pertama yang membela sahabat kamu
Duduk dan melihat sahabat terbaik kamu diejek dan direndahkan, tentu kamu tidak akan melakukan itu sebagai seorang sahabat terbaik terhadapa sahabatnya. Jika kamu sedang dalam posisi sahabat kamu tentu kamu akan merasakan hal yang sama dengan yang dirasakan sahabat kamu yaitu membela sahabat kamu, tentunya dengan cara yang bijak.
Kalau kamu sudah bisa menjadi sahabat yang baik bagi sahabat kamu, maka sahabat kamu tidak akan pernah rela kehilangan sahabat seperti kamu.

from: kompasiana.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar